Saksikan ASAH ASIH ASUH setiap hari Kamis Jam 20.30 WIB hanya di Bandung TV Channel 38 UHF " Jati Diri Pasundan "

Tuesday, April 5, 2011

BUDAYAKAN MAKANAN ALTERNATIF PENGGANTI BERAS DAN TERIGU

Sebagian besar masyarakat  indonesia sudah terbiasa dengan makan pokok nasi dan terigu, apa jadinya kalau kedua makanan pokok tersebut digantikan dengan makanan alternaif seperti singkong atau sukun.  Kepala bidang konsumsi dan keamanan pangan provinsi jawa barat, Lilis Iryaningsih, ditemui di sela-sela kegiatan Food Fair 2011 UNPAS, mengajak masyarakat jawa barat mulai membudayakan makanan alternatif sebagai pengganti makanan pokok beras ataupun terigu. Sebab persedian beras dunia dan terigu semakin menipis apalagi ditujang dengan mulai berkurangnya lahan di indonesia, akibat beralih fungsi menjadi lahan untuk industri dan pemukiman.
Menurut Lilis Iryaningsih, selama ini masyarakat indonesia memiliki budaya, belum merasa makan bila belum makan nasi. Padahal mereka sudah makan berbagai jajanan, seperti sejenis kue terbuat dari singkong, ubi atau sagu. Karena itulah, perlu dibudayakan makanan alternatif sebagai pengganti makanan pokok beras atapun terigu. Makanan pengganti beras bisa dibudayakan dalam keluarga, jika pagi hari cukup makan dengan singkong, ubi atau makanan alternqatif lainnya, sebab makanan singkong, ubi, sukun, dan yang lainnya memiliki gizi cukup tinggi dan sama kadarnya dengan beras maupun terigu, tinggal di tambah dengan lauk-pauk yang lain menjadi pelengkapnya. 
Sementara Yudi Garnida selaku dekan Fakultas Teknik UNPAS  menambahkan, peran serta pemerintah harus terus menerus memberikan imbauan agar masyarakat bisa mengubah pola makan dari beras ke non beras atau juga non terigu, meskipun memang semua itu memakan waktu lama. selain itu juga perlu dilakukan sosialisasi sehingga masyarakat mengerti tentang pengertian makan yang sebenarnya.

Yudi Garnida menyebutkan, pemerintah daerah melalui dinas terkait harus menggalakkan diversifikasi pangan dengan menanam singkong, ubi, talas, sukun, jagung, sagu, dan kacang-kacangan. Dan di wilayah jawa barat sendiri ada sebagain wilayah yang makanan pokoknya bukan berasal dari beras dan terigu toh mereka juga masih bisa hidup sehat. nah di Event Food Fair 2011 yang diselenggarakan oleh HMPPI dan HMTP UNPAS pada tanggal 26 maret 2011 kemarin di kampus UNPAS Setiabudhi Bandung. Di antara rangkaian kegiatan didalamnya ada kompetisi diversifikasi pangan lokal, di sinilah kita bisa melihat sebenernya makanan alernatif pengganti beras atau terigu. Kompetisi yang di ikuti oleh beberapa kampus ini, menampilkan hasil karya para mahasiswa dalam mengolah makanan dan minuman dengan bahan bakunya tidak munggunakan beras ataupun terigu.

KLIK DISINI YANG MAU VIDEONYA : DOWNLOAD
KLIK DISINI YANG MAU FOTO-FOTONYA : DOWNLOAD

0 comments:

Post a Comment